Kamis, 22 September 2016



Home » Kesehatan Mental » Kenali 10 Gejala Umum Depresi
Kenali 10 Gejala Umum Depresi

Kenali 10 Gejala Umum Depresi

Depresi adalah kondisi mood (suasana hati) yang menurun drastis dan keengganan untuk melakukan aktivitas yang dapat mempengaruhi pikiran, perilaku, perasaan, dan kenyamanan. Depresi merupakan gangguan mental yang dapat mengontrol pikiran dan bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan, susah tidur (insomnia), mood yang mudah berubah, dan rasa putus asa yang mendalam. Depresi adalah penyakit menyedihkan yang bisa mempengaruhi kondisi kehidupan sehari-hari dan bahkan bisa menghancurkan keharmonisan keluarga. Dari berbagai data statistik yang dikumpulkan dari beberapa negara, ada rata-rata sekitar 5 hingga 10 persen dari seluruh populasi manusia mengalami depresi.
Gejala depresi ada banyak, bermacam jenisnya, dan tingkat keparahannya bisa berkembang seiring waktu dan penanganan yang buruk. Menurut para ahli kejiwaan, depresi adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan/bawaan  atau merupakan gejala berlanjut dari stress. Penyebab lainnya adalah beberapa penyakit fisik tertentu, obat-obatan, alkohol, dan penyakit mental lainnya. Resiko depresi cenderung lebih banyak dihadapi oleh wanita daripada pria karena faktor naik turunnya kondisi hormon tubuh, perubahan siklus menstruasi, kehamilan, keguguran, pre-menoupause (masa sebelum menopause), dan pasca-menopause (masa setelah menopause).
Fakta Depresi:
Kondisi mood yang tertekan atau mengalami depresi tidak selalu merupakan kelainan psikis/kejiwaan. Sangat mungkin itu adalah reaksi normal terhadap peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan seseorang, merupakan gejala dari beberapa kondisi kesehatan, atau efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi dan proses pengobatan yang dijalani oleh pasien. Depresi mood juga merupakan ciri utama atau ciri yang berkaitan dengan gejala gangguan kejiwaan seperti depresi klinis. Beberapa gejala umum depresi adalah sebagai berikut:
Gejala Depresi
Depresi sebagian besar disebabkan oleh diri sendiri…
  1. Rasa cemas, sedih, dan kosong yang tidak dapat dikendalikan
  2. Rasa putus asa yang luar biasa disertai dengan perasaan pesimis
  3. Rasa bersalah, tak berdaya, dan tak berharga yang luar biasa
  4. Rasa tidak berdaya yang muncul bersamaan dengan semakin menurunnya kemampuan untuk fokus dan membuat keputusan
  5. Kehilangan energi, yang memperlambat metabolisme dan tingkat aktivitas tubuh; rasa mudah lelah yang terus muncul
  6. Tidak dapat tidur nyenyak dan berkembangnya insomnia secara ekstrim
  7. Turunnya berat badan, atau sebaliknya, naiknya berat badan secara signifikan, tanpa diketahui penyebab pastinya; namun biasanya dipicu oleh hilangnya nafsu makan, atau sebaliknya, keinginan makan yang terus muncul
  8. Cenderung suka merenung/menyendiri dan munculnya keinginan untuk bunuh diri
  9. Mudah marah, marah yang meledak sesaat, dan kegelisahan berlebihan
  10. Penderitaan fisik seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, dan beberapa penyakit kronis tertentu tanpa alasan yang bisa dijelaskan
Jika anda mengalami beberapa gabungan gejala di atas diikuti dengan perubahan perilaku yang jelas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui dan mengobati beberapa gejala fisik dari depresi dan juga kondisi kesehatan yang terpengaruh oleh depresi yang anda alami. Jika diperlukan, dokter akan memberikan rekomendasi untuk berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog.
Cobalah untuk mengatasi berbagai kendala kehidupan dengan reaksi tangan (menyelesaikan langsung) tanpa harus membebani pikiran dengan berbagai macam prasangka negatif. Cobalah juga untuk menghapus rasa tidak berdaya, tidak berharga, dan putus asa dari kamus pikiran anda. Ubah kondisi hidup dengan membuat beberapa target dan tujuan, bukan dengan merenungi nasib dan memikirkan hal-hal negatif yang sebenarnya tidak benar adanya. Keluarlah dan bersantai, bercanda dengan teman, berdiskusi bersama, bermain bersama, mendengarkan musik, berekreasi bersama keluarga, jangan bawa pekerjaan kantor di tempat tidur. Cinta adalah salah satu kunci kebahagiaan dan alat penyelesaian masalah; bersikap positif adalah kunci kecerahan hidup saat ini dan masa depan, karena telah terbukti bahwa depresi lebih banyak disebabkan oleh kondisi mental diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar